✔ Silabus Prakarya Tingkat Smp/Mts Kelas Vii, Viii Dan Ix
Bismillahirrohmannirrohim…puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa menunjukkan kepada kita semua berupa nikmat Iman, nikmat Islam dan nikmat kesehatan, sholawat serta salam marilah kita selalu panjatkan kepada baginda nabi besar Muhammad SAW yang telah menuntut umatnya untuk selalu menunjukkan yang terbaik dan membuang hal-hal yang jelek. Pada penulisan kali ini penulis mencoba mengumpas tuntas perihal silabus Prakarya Tingkat SMP/MTs dari kelas VII, VIII dan IX. Kita tahu bahwa silabus pada mata pelajaran Prakarya untuk tingkat SMP/MTs disusun dengan format seefisien mungkin, sehingga mempermudah seorang pendidik untuk memahami dan melaksanakaannya dan bisa dijadikan bahwan untuk pembuatan RPP. Namun meski demikian ruang lingkup yang ada pada mata pelajaran Prakarya mempertimbangkan ranah urutan yang terdiri dari 4 aspek, diantaranya kerajinan, rekayasa, budidaya dan pengolahan. Dan menyerupai biasanya penulis hanya mencantumkan 2 aspek saja ialah aspek kerajinan dan aspek pengolahan sebagaimana yang sudah ditetapkan dalam MGMP Kabupaten Indramayu.
Silabus Prakarya ini merupakan landasan yang akan di jadikan sebagai contoh bagi pendidik/guru dalam melaksanakan pembelajaran, biar akseptor didik sanggup menciptakan produk prakarya yang menumbuhkembangkan kreatifitas dengan menganalisis aneka macam desain karya, mengidentifikasi dan mendeskripsikan proses pembuatan karya, menciptakan dan memodifikasi karya dalam konteks kearifan budaya lokal.
Pada pembuatan silabus ini, tentunya penulis sudah menerepkan pendidikan aksara dan bersifat fleksibel, kontekstual, dan menunjukkan kesempatan kepada pendidik/guru untuk menyebarkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Dengan demikian pada komponen pembuatan silabus meliputi kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga pendidik/guru sanggup menyebarkan aneka macam model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing pada setiap aspek mata pelajaran prakarya.
Dalam menciptakan silabus ini pendidik/guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang diadaptasi dengan situasi dan kondisi budaya local yang ada pada tempat masing-masing, serta tingkat perkembangan kemampuan akseptor didik pada lingkungan setempat.
Pada kegiatan pembelajaran pada silabus yang penulis buat ini hanya merupakan model. Pendidik/Guru sanggup memperluas dan menyesuaikan dengan sumber daya yang ada pada tempat masing-masing, baik dari karakteristik dan kekhasan daerah/sekolah sesuai dengan potensi akseptor didik serta kebutuhan daerah. Kebutuhan tempat merupakan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat di suatu tempat tersebut untuk kelangsungan hidup dan peningkatan taraf kehidupan masyarakat yang diadaptasi dengan arah perkembangan tempat serta potensi daerah. Penyesuaian ini harus tetap memperhatikan pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan akseptor didik.
Pendidik/Guru sebaiknya memanfaatkan Internet, Buku Teks (Buku Siswa dan Buku Guru), dan lembar kerja siswa (LKS) sebagai sumber belajar. Lembar kerja siswa sedapat mungkin disusun oleh Pendidik/Guru dengan memberi peluang untuk berkembangnya kreativitas akseptor didik yang terlibat dalam merancang mekanisme kegiatan. Lembar kerja akseptor didik merupakan panduan bagi siswa untuk melaksanakan sesuatu yang menghasilkan kemampuan berpikir. Selain itu Pendidik/Guru diharapkan sanggup mengaitkan dengan lingkungan, sumber daya alam, dan energi di sekitarnya dan konteks global, biar siswa sanggup memelihara dan memanfaatkan lingkungannya sebagai sumber belajar. Dilihat dari goresan pena yang tertera di atas maka sanggup disimpulkan bersama-sama dalam pembuatan silabus prakarya sanggup dibentuk sesuai dengan kebutuhan darah masing-masing, dalam hal ini penulis hanya menunjukkan 2 aspek saja dari 4 aspek yang ada pada mata pelajaran prakarya, dan bagi Bapak/Ibu yang membutuhkan sebagai materi perbandingan silahkan download link di bawah ini semoga bisa bermanfaat…aamiinn
SILABUS PRAKARYA KELAS VII
SILABUS PRAKARYA KELAS VIII
SILABUS PRAKARYA KELAS IX
Belum ada Komentar untuk "✔ Silabus Prakarya Tingkat Smp/Mts Kelas Vii, Viii Dan Ix"
Posting Komentar