✔ Standar Kompetensi Lulusan (Skl)

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah  kualifikasi kemampuan lulusan yang meliputi sikap, pengetahuan dan keterampilan yang di miliki penerima bimbing sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati, sebagaimana yang ditetapkan dengan Peraturan menteri Pendidikan Nasional No. 23 Tahun 2006. Standar kompetensi lulusan dipakai sebagai ajaran evaluasi dalam penentuan kelulusan penerima bimbing dari satuan pendidikan.
Adapun fungsi dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL), sebagai berikut:
  • Standar kompetensi lulusan dipakai sebagai ajaran evaluasi dalam memilih
    kelulusan penerima didik,dari satuan pendidikan.
  • Standar kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, susila mulia, serta ketrampilan untuk hidup dapat bangun diatas kaki sendiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
  • Standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan menengah umum bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, susila mulia, serta ketrampilan untuk hidup dapat bangun diatas kaki sendiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
  • Standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan menengah kejuruan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, susila mulia, serta ketrampilan untuk hidup dapat bangun diatas kaki sendiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Berdasarkan pemberlakuan Permendikbud Nomor 20 tahun 2020 wacana Standar Kompetensi Lulusan (SKL) ini, maka mendikbud juga menyatakan bahwa  bersama berlakunya Peraturan Menteri ini, maka Permendikbud (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan) No. 54 Tahun 2013 Tentang SKL (Standar Kompetensi Lulusan) untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.
Standar Kompetensi Lulusan atau SKL ini merupakan suatu kriteria wacana kualifikasi kemampuan lulusan meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan penerima didik. SKL atau Standar Kompetensi Lulusan merupakan pola utama untuk pengembangan standar isi, standar proses, standar evaluasi pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.

1 Komentar untuk "✔ Standar Kompetensi Lulusan (Skl)"

  1. Look at the way my partner Wesley Virgin's story starts with this SHOCKING and controversial video.

    As a matter of fact, Wesley was in the military-and soon after leaving-he revealed hidden, "MIND CONTROL" secrets that the CIA and others used to get whatever they want.

    As it turns out, these are the EXACT same methods many famous people (especially those who "became famous out of nothing") and the greatest business people used to become rich and successful.

    You've heard that you use only 10% of your brain.

    Mostly, that's because the majority of your brain's power is UNCONSCIOUS.

    Maybe this thought has even occurred IN YOUR own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head 7 years back, while driving a non-registered, garbage bucket of a car without a license and in his bank account.

    "I'm so fed up with going through life paycheck to paycheck! Why can't I turn myself successful?"

    You've been a part of those those types of thoughts, isn't it right?

    Your success story is going to start. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.

    Take Action Now!

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel