✔ Download Ki Dan Kd Pai Smp/Mts (Kurikulum 2013) Tahun Pedoman 2020/2020



Kompetensi ialah seperangkat kemampuan yang menyangkut sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki oleh penerima didik sehabis mempelajari suatu muatan pembelajaran (kompetensi dasar). Perolehan kompetensi dalam pembelajaran pada umumnya berlangsung secara berurutan. Namun Proses berguru untuk mencapai kompetensi perilaku tidak berlangsung secara eksplisit, tetapi  terintegrasi dalam berguru pengetahuan dan keterampilan yang difasilitasi guru. Bila guru menghendaki siswa bersikap kritis, maka materi latih saat mempelajari pengetahun dan keterampilan  hendaknya memuat kiprah atau pertanyaan yang melatih siswa semoga kritis.
Fenomena yang terjadi pada masa kemudian pada kenyataannya terdapat dikotomi antarmatapelajaran yang saling lepas dalam tanggungjawab dalam membentuk sikap, pengetahuan, dan keterampilan penerima didik, karenanya banyak lulusan pendidikan dasar dan menengah tidak mempunyai standar kompetensi lulusan yang sesuai dengan amanat tujuan pendidikan nasional. Kondisi ini disebabkan oleh lantaran tidak adanya pengaturan kompetensi yang mengikat (kompetensi inti) antar jenjang pendidikan pada masing-masing satuan pendidikan.
Dokumen KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) sangat penting bagi sekolah-sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013. Dokumen KI dan KD akan dijadikan pola dalam proses pengembangan banyak sekali perangkat pembelajaran di kelas. Misalnya saja dokumen silabus (walaupun juga disediakan oleh pemerintah sentra dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tetapi membuatkan sendiri juga boleh dan bagus), Prota (Program Tahunan), Promes atau Prosem (Program Semester), PRPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), sampai untuk pengembangan perangkat atau instrumen penilaian dan penulisan buku raport.
Dokumen KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) ini tentunya diturunkan dari SKL (Standar Kompetensi Lulusan). Sebagaimana kita ketahui, untuk pelaksanaan Kurikulum 2013, pada tahun 2020 ini, tepatnya bulan Juni kemudian telah diterbitkan beberapa permendikbud (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan). Untuk SKL (Standar Kompetensi Lulusan), misalnya, Kementerian Pendidikan telah tetapkan Permendikbud Nomor 20 tahun 2020 ihwal Standar Kompetensi Lulusan pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Lalu ada Permendikbud Nomor 21 tahun 2020 ihwal Standar Isi; Permendikbud Nomor 22 ihwal Standar Proses; Permendikbud Nomor 23 tahun 2020 ihwal Standar Penilaian; dan Permendikbud Nomor 24 tahun 2020 ihwal KI dan KD pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Semua permendikbud (peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan) tersebut juga kami sediakan link untuk mendownloadnya di bawah ini.

Belum ada Komentar untuk "✔ Download Ki Dan Kd Pai Smp/Mts (Kurikulum 2013) Tahun Pedoman 2020/2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel