✔ Manajemen Pembelajaran Tik Kelas Vii Tahun Pelajaran 2020/2020
Bismillahirohmannirohim, pada kesempatan kali ini marilah kita tundukan kepala sejenak untuk selalu menyadari bahwa begitu banyak nikmat dari Allah SWT yang diberikan kepada kita semua, maka dari itu pandai-pandailah kita untuk selalu bersyukur atas segala apa yang di berikan Allah SWT kepada kita semua, sholawat serta salam senantiasa kita selalu panjatkan kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.
Simpang siur sistem pendidikan menciptakan kita sebagai seorang guru/pendidik di bikin resah apa yang harus kita lakukan, dengan di berlakukannya kurikulum 2013 mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diganti dengan Prakarya. Waktu terus berjalan dan pelatihan-pelatihan kurikulum 2013 pun selalu berjalan, namun ditengah perjalanan yang belum begitu matang sekarang harus berhadapan ihwal problem pembelajaran, khususnya di Tingkat Sekolah Menengah Pertama ihwal lika-liku mata pelajaran TIK dan Prakarya. Berbagai desakan dari kalangan pendidik untuk dikembalikannya pelajaran TIK menuai hasil meskipun berganti nama dengan Teknik Informatika, namun hal ini juga masih dalam jenjang uji coba, alasannya yaitu bagi sekolah-sekolah yang tidak ada guru yang linier dengan bidang teknik informatika masih disarankan untuk Prakarya.
Meski demikian, walaupun mata pelajaran Teknik Informatika sudah hadir ditengah-tengah dunia pendidikan, ada hal kecil yang masih menjadi ganjalan khususnya bagi rekan-rekan guru yang mengajar TIK atau Teknik Informatika. Ini dibuktikan dengan adanya bukti di lapangan, sebagian ada yang menyampaikan bahwa “bagi sekolah yang sudah ada guru teknik informatikanya, sarana dan prasarana sudah memadai dan sudah bersertifikasi boleh diterapkan mata pelajaran Teknik Informatika”, namun bagi sekolah-sekolah yang hanya mempunyai guru teknik informatika namun belum sertifikasi hanya sanggup menerapkan mata pelajaran TIK atau Prakarya.
Mata pelajaran Teknik Informatika sendiri pernah diungkapan oleh Kepala Bidang Kurikulum Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Sri Hidayati, ada empat aspek muatan dalam mata pelajaran informatika. Keempatnya ialah TIK, berpikir komputasional, bidang keilmuan informatika, dan praktik lintas bidang. Ada pula sejumlah poin yang harus dicakup dalam mata pelajaran informatika, antara lain efek sosial informatika, teknik komputer, dan analisis data.” Agar terealisasi dengan baik, kurikulum tidak sanggup dipandang secara parsial, harus dilihat sebagai sebuah entitas. Ada bermacam-macam dimensi dalam sebuah kurikulum, ibarat ide, dokumen, desain, sampai implementasi,”
Dari beberapa warta yang penulis dapatkan dari aneka macam sekolah, kesannya penulis mencoba menyebarkan kembali ihwal manajemen pembelajaran mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk tahun 2020/2020. Adapun file-file manajemen pembelajaran tersebut, bagi Bapak/Ibu guru yang membutuhkan silahkan download link di bawah ini, biar sanggup bermanfaat…..aamiinn
Belum ada Komentar untuk "✔ Manajemen Pembelajaran Tik Kelas Vii Tahun Pelajaran 2020/2020"
Posting Komentar