✔ Video Panduan Jadwal 15 Menit Membaca Buku (Gls)

Apa saja yang sanggup dilakukan dalam jadwal  ✔ Video Panduan Program 15 Menit Membaca Buku (GLS)
Apa saja yang sanggup dilakukan dalam jadwal 15 menit membaca buku sebelum jam pelajaran pertama dimulai? Simak video ini
Melalui sebuah videografis, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjelaskan latar belakang jadwal 15 menit membaca buku nonteks pelajaran sebelum jam pelajaran pertama dimulai. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan jadwal nasional dari Kemendikbud. Gerakan ini digalakkan sebab budaya literasi atau membaca masih rendah di Indonesia.

Dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 perihal Penumbuhan Budi Pekerti, disebutkan ada beberapa penyesuaian konkret yang dilakukan sebelum acara berguru mengajar dimulai. Salah satunya, yaitu mewajibkan siswa membaca buku minimal 15 menit sebelum pelajaran, tapi bacaannya buku non mata pelajaran. Harapannya acara ini sanggup membuat budaya membaca.

Lalu apa saja yang sanggup dilakukan dalam jadwal 15 menit membaca buku nonteks pelajaran sebelum jam pelajaran pertama dimulai? Tonton video berikut ini:



Kegiatan membaca buku minimal 15 menit sebelum pelajaran sanggup dilakukan melalui membaca nyaring, membaca mandiri, membaca bersama, atau membaca terpandu. Buku yang dibaca yaitu buku bacaan selain buku pelajaran. Siswa boleh membawa buku dari rumah. Kegiatan diikuti pula oleh guru dan dilaksanakan dalam kondisi yang menyenangkan serta untuk memotivasi siswa.

Baca juga: Membuat Membaca Lebih Menyenangkan untuk Anak

Agar tercipta budaya membaca, lingkungan sekolah harus aman bagi acara membaca siswa yaitu dengan mendekatkannya dengan buku dimana pun mereka berada. Guru sanggup membuat sudut baca di kelas, pojok literasi yang sanggup dibentuk di kantin, halaman, atau taman sekolah. Ayo sukseskan jadwal 15 menit membaca buku dan membaca sebagai acara yang menyenangkan.

Belum ada Komentar untuk "✔ Video Panduan Jadwal 15 Menit Membaca Buku (Gls)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel