✔ Soal Pedagogik Dan Tanggapan Semua Jurusan Tahun 2020

1.
Metode proyek dalam pembelajaran yang bergotong-royong berawal dari pemikiran John Dewey wacana metode pemecahan dilema merupakan bentuk pengembangan yang dilakukan oleh Kilpatrick. Langkah-langkahnya metode proyek sebagai berikut: ....

a.
Tahap persiapan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap tindak lanjut, tahap penilaian, tahap refleksi.

b.
Tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap tindak lanjut, pameran, tahap penilaian.

c.
Tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap tindak lanjut, tahap penilaian.

d.
Tahap persiapan, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap tindak lanjut, tahap penilaian.
2
Tahap tindak lanjut dalam metode proyek dimaksudkan ialah .....

Baca Juga

a.
Untuk menilai hasil aktivitas berguru (hasil proyek) yang dilakukan oleh guru dan penerima didik.

b.
Untuk memantapkan hasil aktivitas berguru dilakukan pameran, dan sanggup menjadi sumber berguru bagi pelajaran lainnya.

c.
Untuk merencanakan aktivitas berguru berikutnya sehubungan dengan pencapaian kompetensi berikutnya.

d.
Untuk menetapkan tingkat keberhasilan pengerjaan proyek yang dilakukan penerima didik oleh guru.
3
Metode brainstorming dikenal juga dengan metode sumbang saran atau curah gagasan bertujuan untuk menghimpun ide, pendapat, informasi, pengalaman semua penerima didik yang sama atau berbeda. Langkah-langkah metode brain storming sebagai berikut

a.
Pemberian informasi dan motivasi, identifikasi, klasifikasi, verifikasi, konklusi.

b.
Pemberian informasi dan motivasi, identifikasi, klasifikasi, verifikasi, validasi, dan konklusi.

c.
Pemberian informasi, motivasi, identifikasi, verifikasi, konklusi.

d.
Pemberian informasi dan motivasi, identifikasi, klasifikasi, verifikasi, konklusi, evaliasi, dan refleksi
4
Langkah metode demonstrasi mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tidakan di bawah berikut ini yang bukan termasuk dalam langkah pelaksanaan metode demonstrasi ialah .....

a.
Memulai demonstrasi dengan menarik perhatian penerima didik (sambil memperhatikan atensi penerima didik)

b.
Memberi kiprah sebagi bentuk tindak lanjut dan mengadakan penilaian terhadap demonstrasi yang telah dilakukan.

c.
Memperhatikan keadaan penerima didik, apakah semuanya mengikuti demonstrasi dengan baik

d.
Memberikan kesempatan kepada penerima didik untuk aktif memikirkan lebih lanjut wacana apa yang dilihat dan didengarnya dalam bentuk mengajukan pertanyaan
5
“Ing ngarso sung tulodo, Ingmadyo mangun karso,Tutwuri Handayani” (Ki Hajar Dewantoro). Manakah pernyataan dibawah ini yang mencerminkan bukan sikap guru dalam prinsip kepemimpinan pembelajaran tersebut, yaitu...

a.
Guru harus bisa menjadi teladan yang baik bagi anak didiknya

b.
Guru menjadi sahabat berguru siswa

c.
Guru menjadi fasilitator dan inovator dalam proses pembelajaran

d.
Guru menjadi satu-satunya sumber belajar
6.
Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru ini disusun untuk memperluas pemahaman semua pihak terkait wacana prinsip, proses, dan mekanisme pelaksanaan penilaian kinerja guru, sebagai suatu sistem penilaian kinerja yang

a.
Berbasis kompetensi (competence-based)

b.
Berbasis bukti (evidence basedappraisal)

c.
Berbasis administrasi sekolah (school basedmanagement)

d.
Berbasis proses (process based)
7
Kompetensi guru yang dipakai sebagai dasar PK Guru ialah kiprah guru yang terkait dengan kiprah pembelajaran, pembimbingan, atau kiprah suplemen yang relevan dengan fungsi sekolah. Manakah dasar PK Guru yang terkait dengan kemampuan mengelola pembelajaran di kelas?

a.
Kompetensi profesional.

b.
Kompetensi sosial.

c.
Kompetensi pedagogik.

d.
Kompetensi kepribadian.
8
Manakah aktivitas yang menggambarkan kompetensi pedagogik seorang guru?

a.
Guru mempunyai rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

b.
Guru bisa mengelola pembelajaran yang menunjukan bahwa guru dihormati oleh penerima didik.

c.
Merancang planning pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas bahan didik tertentu biar penerima didik mencapai kompetensi dasar yang ditentukan.

d.
Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk aktivitas yang produktif terkait dengan tugasnya.
9
Sebelum memulai proses belajar-mengajar di dalam kelas, penerima didik terlebih dahulu diminta untuk mengobservasi suatu fenomena terlebih dahulu. Kemudian penerima didik diminta mencatat masalah-masalah yang muncul. Setelah itu guru merangsang penerima didik untuk berpikir kritis dalam memecahkan dilema yang ada. Guru mengarahkan penerima didik untuk bertanya, menunjukan asumsi, dan mendengarkan pendapat yang berbeda dari mereka. Memanfaatkan lingkungan penerima didik untuk memperoleh pengalaman belajar. Guru menunjukkan penugasan yang sanggup dilakukan di banyak sekali konteks lingkungan penerima didik, antara lain di sekolah, keluarga dan masyarakat. Pembelajaran demikian merupakan salah satu teladan implementasi model pembelajaran berikut

a.
Inquiri

b.
PBM (Problem Based Learning)

c.
PBL (Project Based Learing)

d.
Discovery learning
10
Yang termasuk teknik khusus dalam pembelajaran ialah .....

a.
Teknik ceramah

b.
Teknik menulis

c.
Teknik tanya jawab

d.
Teknik diskusi

Catatan : Font Yang Tebal Adalah Jawaban

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "✔ Soal Pedagogik Dan Tanggapan Semua Jurusan Tahun 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel