✔ Panduan Evaluasi Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan Untuk Smp Tahun 2020
.net_ Pada kesempatan kali ini, admin ingin menyebarkan mengenai panduan penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan untuk SMP tahun 2020. Dijelaskan bahwa Hasil monitoring dan penilaian pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada 2014 memperlihatkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 yaitu dalam melaksanakan penilaian. Sekitar 60% responden pendidik menyatakan, mereka belum sanggup merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik. Kesulitan utama yang dihadapi pendidik: merumuskan indikator, menyusun butir-butir instrumen, dan melaksanakan penilaian perilaku dengan banyak sekali macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri dalam melaksanakan penilaian keterampilan. Mereka belum sepenuhnya memahami bagaimana menyusun instrumen dan rubrik penilaian keterampilan.
Kesulitan lain yang banyak dikeluhkan pendidik berkaitan dengan penulisan deskripsi capaian aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Di samping itu, sejumlah pendidik mengaku bahwa mereka belum percaya diri dalam mengembangkan butir-butir soal pengetahuan. Mereka kurang memahami bagaimana merumuskan indikator dan menyusun soal untuk pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif yang dikombinasikan dengan keterampilan berpikir tingkat rendah sampai tinggi.
Satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam memilih Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), merumuskan kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan akseptor didik. Permasalahan lain yang sering muncul yaitu penetapan KKM dan secara teknis menerapkannya pada setiap Kompetensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimal untuk selanjutnya menjadi KKM mata pelajaran. Di samping itu, pendidik mengalami kesulitan dalam memilih nilai hasil remedial berkaitan dengan KKM.
Memperhatikan permasalahan-permasahan di atas, perlu disusun Panduan Penilaian pada SMP (SMP). Panduan penilaian ini dibutuhkan sanggup memudahkan pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian baik aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.
Kesulitan lain yang banyak dikeluhkan pendidik berkaitan dengan penulisan deskripsi capaian aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Di samping itu, sejumlah pendidik mengaku bahwa mereka belum percaya diri dalam mengembangkan butir-butir soal pengetahuan. Mereka kurang memahami bagaimana merumuskan indikator dan menyusun soal untuk pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif yang dikombinasikan dengan keterampilan berpikir tingkat rendah sampai tinggi.
Satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam memilih Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), merumuskan kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan akseptor didik. Permasalahan lain yang sering muncul yaitu penetapan KKM dan secara teknis menerapkannya pada setiap Kompetensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimal untuk selanjutnya menjadi KKM mata pelajaran. Di samping itu, pendidik mengalami kesulitan dalam memilih nilai hasil remedial berkaitan dengan KKM.
Memperhatikan permasalahan-permasahan di atas, perlu disusun Panduan Penilaian pada SMP (SMP). Panduan penilaian ini dibutuhkan sanggup memudahkan pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian baik aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.
Tujuan Penyusunan Panduan
Panduan penilaian ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan hal-hal berikut:
Panduan penilaian ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan hal-hal berikut:
- Merencanakan, mengembangkan instrumen, dan melaksanakan penilaian hasil belajar.
- Menganalisis dan menyusun laporan, termasuk mengisi rapor serta memanfaatkan hasil penilaian.
- Menerapkan aktivitas remedial bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM, dan aktivitas pengayaan bagi akseptor didik yang telah mencapai ketuntasan berguru minimal.
- Melaksanakan supervisi penilaian.
Konsep Penilaian
Penilaian yaitu proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil berguru akseptor didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui banyak sekali teknik penilaian, memakai banyak sekali instrumen, dan berasal dari banyak sekali sumber. Penilaian harus dilakukan secara efektif. Oleh alasannya yaitu itu, meskipun informasi dikumpulkan sebanyakbanyaknya dengan banyak sekali upaya, tapi kumpulan informasi tersebut tidak hanya lengkap dalam menawarkan gambaran, tetapi juga harus akurat untuk menghasilkan keputusan.
Pengumpulan informasi pencapaian hasil berguru akseptor didik memerlukan metode dan instrumen penilaian, serta mekanisme analisis sesuai dengan karakteristiknya masingmasing. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan KD sebagai kompetensi minimal yang harus dicapai oleh akseptor didik. Untuk mengetahui ketercapaian KD, pendidik harus merumuskan sejumlah indikator sebagai contoh penilaian. Pendidik atau sekolah juga harus memilih kriteria untuk memutuskan seorang akseptor didik sudah mencapai KKM atau belum.
Penilaian tidak hanya difokuskan pada hasil berguru tetapi juga pada proses belajar. Peserta didik juga mulai dilibatkan dalam proses penilaian terhadap dirinya sendiri sebagai sarana untuk berlatih melaksanakan penilaian diri. Pada buku panduan ini diuraikan secara singkat banyak sekali pendekatan penilaian, prinsip penilaian, serta penilaian dalam Kurikulum 2013. Bagi rekan yang hendak download panduannya, silahkan download disini
Pengumpulan informasi pencapaian hasil berguru akseptor didik memerlukan metode dan instrumen penilaian, serta mekanisme analisis sesuai dengan karakteristiknya masingmasing. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan KD sebagai kompetensi minimal yang harus dicapai oleh akseptor didik. Untuk mengetahui ketercapaian KD, pendidik harus merumuskan sejumlah indikator sebagai contoh penilaian. Pendidik atau sekolah juga harus memilih kriteria untuk memutuskan seorang akseptor didik sudah mencapai KKM atau belum.
Penilaian tidak hanya difokuskan pada hasil berguru tetapi juga pada proses belajar. Peserta didik juga mulai dilibatkan dalam proses penilaian terhadap dirinya sendiri sebagai sarana untuk berlatih melaksanakan penilaian diri. Pada buku panduan ini diuraikan secara singkat banyak sekali pendekatan penilaian, prinsip penilaian, serta penilaian dalam Kurikulum 2013. Bagi rekan yang hendak download panduannya, silahkan download disini
Belum ada Komentar untuk "✔ Panduan Evaluasi Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan Untuk Smp Tahun 2020"
Posting Komentar