✔ Unduh Bukti Fisik Pengakuan Terbaru Standar Sarana Prasarana Untuk Pkbm, Kejar Paket
Dalam rangka pembaharuan sistem pendidikan nasional telah ditetapkan visi, misi dan seni administrasi pembangunan pendidikan nasional. Visi pendidikan nasional yaitu terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang berpengaruh dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia semoga berubah menjadi insan yang berkualitas sehingga bisa dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah. Sistem pendidikan nasional tersebut diharapkan berlaku bagi semua akseptor didik, baik akseptor didik usia sekolah maupun orang remaja yang lantaran suatu alasannya yaitu tidak berkesempatan mengikuti pendidikan formal.
Terkait dengan visi tersebut telah ditetapkan prinsip-prinsip penyelenggaraan pendidikan, baik pendidikan formal maupun nonformal untuk dijadikan landasan dalam pelaksanaan proses pendidikan. Salah satu prinsip tersebut yaitu pendidikan diselenggarakan sebagai proses pembudayaan dan pemberdayaan akseptor didik yang berlangsung sepanjang hayat. Dalam proses tersebut diharapkan pendidik yang memperlihatkan keteladanan, membangun kemauan, dan berbagi potensi dan kreativitas akseptor didik. Implikasi dari prinsip tersebut yaitu pergeseran paradigma proses pendidikan, dari paradigma pengajaran ke paradigma pembelajaran. Pembelajaran yaitu proses interaksi akseptor didik dengan pendidik dan sumber mencar ilmu pada suatu lingkungan mencar ilmu baik lingkungan pendidikan formal maupun nonformal.
Mengingat kebhinekaan budaya, keragaman latar belakang, karakteristik, kecepatan dan kesempatan mencar ilmu akseptor didik, serta tuntutan untuk menghasilkan lulusan yang bermutu, diharapkan standar proses, yaitu standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan. Proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan dasar dan menengah termasuk pendidikan nonformal khususnya pada pendidikan kesetaraan Program Paket A, Program Paket B, dan Program Paket C harus dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi akseptor didik untuk berpartisipasi aktif, serta memperlihatkan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, dan perkembangan fisik dan psikologis akseptor didik.
Standar proses pendidikan kesetaraan mencakup perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, evaluasi proses dan hasil pembelajaran, dan pengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Proses pembelajaran pendidikan kesetaraan sanggup ditempuh melalui aktivitas tatap muka, tutorial, berdikari dan/atau kombinasi ketiganya.
Download file
Unduh Bukti Fisik Akreditasi Terbaru Standar Sarana Prasarana Untuk PKBM, Kejar Paket, DISINI
Belum ada Komentar untuk "✔ Unduh Bukti Fisik Pengakuan Terbaru Standar Sarana Prasarana Untuk Pkbm, Kejar Paket"
Posting Komentar