✔ Tugas Masyarakat Terhadap Keberhasilan Pendidikan

Peran Masyarakat Terhadap Keberhasilan Pendidikan ✔ Peran Masyarakat Terhadap Keberhasilan Pendidikan
Demi kesuksesan pendidikan yang berkelanjutan maka sangat diharapkan tugas serta masyarakat.
Sekolah sebagai forum pendidikan formal sangat memilih proses pembangunan masyarakat dan turut bertanggung jawab untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Oleh lantaran itu aktivitas sekolah dalam semua bidang harus relevan dan terpadu dengan kebutuhan dan aktifitas keseharian masyarakat biar kedua belah pihak sanggup mewujudkan kerjasama yang sebaik-baiknya dalam meningkatkan kualitas layanan pembelajaran serta kualitas lulusannya.

Hubungan timbal balik antara sekolah dan masyarakat akan memperlihatkan manfaat bagi kedua belah pihak. Hubungan ini bersifat sukarela menurut iktikad dan kesadaran bahwa sekolah merupakan bab integral dari masyarakat. Dengan hubungan tersebut diharapkan tumbuhnya kreatifitas dan dinamika kedua belah pihak, sehingga hubungan itu bersifat aktif dinamis. Hal ini memungkinkan sifat keterbukaan masyarakat terhadap inovasi, kreativitas yang berdayaguna dan berhasil guna.

Artinya demi kesuksesan pendidikan yang berkelanjutan maka sangat diharapkan tugas serta masyarakat khususnya orang tua/ wali murid. Perubahan paradigma pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi membuka peluang masyarakat untuk sanggup meningkatkan tugas serta dalam pengelolaan pendidikan. Untuk sanggup memperlihatkan layanan pendidikan yang berkualitas, sekolah harus sanggup menjalin kolaborasi secara sinergis dengan keluarga dan masyarakat.

Baca juga: Menciptakan Masyarakat Belajar

Kerja sama secara sinergis itu diharapkan untuk membuat proses pengajaran dan pembelajaran yang aman dan menyenangkan, biar penerima didik menjadi insan yang berpendidikan ( well-educated ) dan warga negara yang produktif ( productive citizens ). Hal tersebut dilakukan hanyalah semata-mata demi tercapainya tujuan pendidikan nasional yang sesungguhnya.

Pendidikan Nasional bertujuan mengantarkan bangsa Indonesia yang maju, cerdas dan berbudaya untuk mencapai masyarakat madani (civil society ) memasuki tataran percaturan masyarakat dunia. Dalam menjawab tantangan tersebut, tujuan pendidikan nasional telah merumuskan kedalam rencana strategis berupa visi, misi, tujuan dan sasaran, taktik pencapaian beserta implementasinya.

Misi jangka panjang Pendidikan Nasional ialah melaksanakan pembudayaan dan pemberdayaan sistem. Iklim dan proses pendidikan nasional yang demokratis dan mengutamakan mutu dalam perspektif nasional maupun global. Inilah yang menjadi framework dari keseluruhan upaya penyelenggaraan pendidikan nasional. Secara implementatif hal ini dijabarkan dalam rencana jangka pendek pendidikan nasional

Ironis memang, kenyataan di lapangan sungguh jauh berbeda pada dikala ini, semua keinginan dan harapan yang kita uraikan diatas tidak semuanya menjadi hal yang mengembirakan lantaran masih banyak masyarakat yang kurang peduli dengan apa yang diperbuat oleh sekolah, serta hasil yang telah ditorehkan oleh sekolah.

Tolak ukur masyarakat dikala ini cendrung kepada sisi negatif saja ibarat siswa terlibat tawuran, kekerasan, narkoba, pornografi, tidak naik kelas, tidak lulus UN, hanyut dengan dunia online, judi online dan sebagainya. Potret itu semua siapa yang menjadi sasaran? Ya komponen yang ada sekolah tentunya.

Akibatnya ialah penerima didik juga merasa kurang peduli terhadap kelangsungan pendidikan mereka kedepannya. Hasil yang ingin dicapai oleh siswa kebanyakan hanyalah sebatas kata “Lulus”. Mereka juga tidak tahu mau kemana mereka sesudah selesai dari jenjang pendidikan yang mereka tempuh pada dikala ini.

Lalu kapan dan kemana tanggungjawab masyarakat sebagai orang tua, mamak (paman), kakak, tante dan sebagainya? Bahkan hal yang menyedihkan terlihat hari ini ialah betapa banyak masyarakat yang tidak mau menegur atau menasehati anak sekolah atau siswa yang nyata-nyata sudah melanggar norma sosial di tengah-tengah kehidupan. Untuk itu memang dibutuhkan perhatian dan keinginan dari seluruh masyarakat biar tercipta suasana yang serasi dengan pihak sekolah dalam usaha meningkatkan sumber daya insan Indonesia kedepannya.

Upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang cerdas, terampil, berakhlak mulia dan bisa hidup bersaing ialah tuntutan dari perkembangan zaman pada dikala ini. Oleh lantaran itu upaya peningkatan SDM ini harus diprogramkan secara terstruktur, berkesinambungan dan harus dievaluasi secara terbuka dan berkesinambungan. Hal ini menjadi semakin penting lantaran perubahan-perubahan jawaban perkembangan ilmu pegetahuan dan teknologi (IPTEK) serta komunikasi menjadi semakin tidak kentara.

Salah satu bab yang penting dalam upaya tersebut ialah sekolah sebagai fungsi pendidikan berkewajiban untuk berbagi kemampuan serta membentuk tabiat dan kepribadian bangsa yang bermartabat, khususnya generasi muda sebagai penerus harapan usaha bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional. Penyelenggaraan pendidikan yang diarahkan pada kompetensi multiple intelegensi sangatlah diharapkan.

Jika seluruh komponen masyarakat sanggup bekerja sama untuk mendukung proses pengajaran dan pembelajaran yang demikian, bukan mustahil penerima didik akan berhasil dalam menempuh pendidikannya, bukan hanya dalam mencapai jenjang pendidikan yang dicita-citakan, tetapi juga berhasil dalam kehidupannya kelak. Karena masyarakat juga penentu keberhasilan sebuah pendidikan. Semoga...

*) Ditulis oleh Ruspel Aiga. Guru SMPN 3 X Koto Diatas, Kabupaten Solok, Sumatera Barat

Belum ada Komentar untuk "✔ Tugas Masyarakat Terhadap Keberhasilan Pendidikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel