✔ Pembelajaran Menemukan (Discovery Learning)
Pembelajaran menemukan (Discovery Learning), ialah Pembelajaran untuk menemukan konsep, makna, dan korelasi kausal melalui pengorganisasian pembelajaran yang dilakukan oleh penerima didik.
Tiga ciri utama berguru Discovery Learning yaitu: (1) mengeksplorasi dan memecahkan problem untuk menciptakan, menggabungkan dan menggeneralisasi pengetahuan; (2) berpusat pada penerima didik; (3) kegiatan untuk menggabungkan pengetahuan gres dan pengetahuan yang sudah ada.
Karakteristik dari pembelajaran Discovery Learning
1. Peran guru sebagai pembimbing.
2. Peserta didik berguru secara aktif sebagai seorang ilmuwan.
3. Bahan latih disajikan dalam bentuk gosip dan penerima didik melaksanakan kegiatan menghimpun, membandingkan, mengkategorikan, menganalisis, serta membuat kesimpulan.
Langkah-Langkah Pembelajaran Discovery Learning
Tahap 1 : Persiapan
Guru memilih tujuan pembelajaran, identifikasi karakteristik penerima didik (kemampuan awal, minat, gaya belajar, dan sebagainya).
Tahap 2 : Stimulasi/pemberian rangsangan
Guru sanggup memulai kegiatan PBM dengan mengajukan pertanyaan, tawaran membaca buku, dan acara berguru lainnya yang mengarah pada persiapan pemecahan masalah. Stimulasi pada tahap ini berfungsi untuk menyediakan kondisi interaksi berguru yang sanggup membuatkan dan membantu penerima didik dalam mengeksplorasi bahan.
Tahap 3 : Identifikasi problem
Guru mengidentifikasi sumber belajardan memberi kesempatan kepada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin agenda-agenda problem yang relevan dengan materi pelajaran, kemudian salah satunya dipilih dan dirumuskan dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara atas pertanyaan masalah)
Tahap 4 : Mengumpulkan data
Guru Membantu penerima didik mengumpulan dan mengeksplorasi data.
Tahap 5 : Pengolahan data
Guru membimbing penerima didik dalam kegiatan mengolah data dan gosip yang telah diperoleh para penerima didik baik melalui wawancara, observasi, dan sebagainya
Tahap 6 : Pembuktian
Guru membimbing penerima didik melaksanakan investigasi secara cermat untuk menunjukan benar atau tidaknya hipotesis yang ditetapkan dengan temuan alternatif, dihubungkan dengan hasil
Tahap 7 : Menarik kesimpulan
Guru membimbing penerima didik merumuskan prinsip dan generalisasi hasil penemuannya.
Belum ada Komentar untuk "✔ Pembelajaran Menemukan (Discovery Learning)"
Posting Komentar