✔ Akhir Kalau Orangtua Sematkan Label Bandel Pada Anak

Akibat Jika Orangtua Sematkan Label Nakal pada Anak ✔ Akibat Jika Orangtua Sematkan Label Nakal pada Anak

Orangtua sering mengucapkan kata-kata negatif semoga sanggup mengubah sikap anak atau setidaknya mereka sadar jikalau dirinya salah, jera, dan tak akan mengulanginya lagi. Seperti menyematkan label bodoh, nakal, kurang ajar, payah, dan lain sebagainya. Kata-kata negatif tersebut yang dilontarkan orangtua kepada anak sanggup merusak self esteem si kecil.

“Kata-kata pedas yang diucapkan kepada anak malah menciptakan anak akan tumbuh ibarat apa yang diucapkan orangtuanya. Ya, kita semua tahu ucapan itu ialah doa, jadi jangan mendoakan yang jelek kepada anak,” tutur Monica Sulistiawati selaku psikolog anak dan dewasa yang dilansir dari Okezone.

Dampak yang lebih jelek akan dirasakan anak saat orangtua terus-terusan melontarkan kata-kata negatif terhadap si kecil. Monica mengimbau para orangtua semoga mengganti kata-kata negatif dengan yang positif. Cobalah fokus ke hal-hal nyata saat bicara kepada anak.

Lihat juga: Cara Menghadapi Anak yang Nakal, Bandel dan Susah Diatur

“Misalnya bukan dengan mengatakan, ‘Kebiasaan deh kau jikalau main enggak pernah diberesin.’ Tetapi, gantilah ke kalimat nyata seperti, ‘Dek, nanti jikalau sudah final jangan lupa dibereskan ya mainannya!’ Dengan ucapan tersebut maka yang terekam dalam ingatan si anak ialah hal postif yang berdampak baik pula pada perilakunya,” terang Monica.

Belum ada Komentar untuk "✔ Akhir Kalau Orangtua Sematkan Label Bandel Pada Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel