✔ Penyegaran Pelatih Kurikulum 2013

Ringkasan Materi Pembukaan Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013 dari Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (Dr. Supriano, M.Ed.)
  1. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah melaksanakan training pada tahun 2020, selamat tiba yang gres bergabung, seluruh Sekolah Menengah Pertama harus melaksankan implementasi 
  2. Kurukulum 2013, termasuk sekitar 14.000 sekolah yang akan diberi training dan pendampingan tahun 2020 ini.
  3. Koordinasi, sabar, dan tulus menjadi kata kunci suksesnya implementasi Kurikulum 2013.
  4. Penyegaran pelatih sangat penting untuk dilakukan. Memang tidak banyak perubahan, perubahan yang paling signifikan yakni bagaimana MENGINTEGRASIKAN KARAKTER DI SEMUA MATA PELAJARAN. 
  5. Para guru harus merubah proses pembelajaran sesuai tuntutan Kurikulum 2013.
  6. Upaya penguatan abjad melalui full day school tidak perlu dipermasalahkan, semua sekolah berhak memilih sendiri apakah akan melaksanakan pembelajaran 5 atau 6 hari.
  7. Kedepan belum dewasa kita akan berat menghadapi ketidakpastian perubahan, itulah sebabnya mereka harus mempunyai karaker yang baik.
  8. Di Kurikulum 2013 guru harus menjadi mentor, fasilitator dan katalisator.
  9. Sekolah yang melaksanakan UNBK yakni sekolah jaman now, melalui UNBK siswa menerima pelajaran abjad integritas dan kejujuran.
  10. Sedang dirumuskan peraturan gres yang mengatur beban mengajar guru yang akan lebih meringankan bagi guru.
Catatan perubahan penting
  • Penyesuaian K 13 tahun 2020 menurut Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2020 wacana Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) menuntut guru untuk melaksanakan penguatan abjad siswa yang menginternalisasikan nilai-nilai utama PPK yaitu :
          a. religius, 
          b. nasionalis, 
          c. mandiri, 
          d. gotong-royangdan
          e. integritas
  • Selain itu, untuk membangun generasi emas Indonesia, maka perlu dipersiapkan penerima didik yang mempunyai keterampilan Abad 21 ibarat khususnya keterampilan:
  1. berpikir kritis dan memecahkan problem (Critical Thinking and Problem Solving Skills), 
  2. keterampilan untuk bekerjasama  (Collaboration), 
  3. kemampuan untuk mencipta atau daya cipta (Creativity), 
  4. kemampuan untuk berkomunikasi (Communication).
  • Realisasi pembelajaran KD yang gemuk, kita ikuti suara KD 
  • Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan, pengetahuan FS, ST, UK  Keterampilan 4 aspek (menangka makna)
  • Penilaian formatif yakni peilaian yg tidak formal, tekniknya bisa tanya ke semua untuk membantu siswa memahami materi. Sumatif evaluasi harian dan sdah masuk ke daftar nilai.
  • Perumusan IPK, utk pengetahuan (FS, ST, UK), keterampilan (menangkap makna verbal dan tulis, menyusun teks tulis, menyusun teks lisan). Tapi di tujuan harus lebih rinci.
  • IPK bukan berarti indikator soal tapi boleh.
  • KD 471 menankap makna teks verbal dan tulis, menyusun teks verbal dan tulis
  • Fokus PK di gabung antara KI 1 2 dan 5 nilai karakter
  • Materi Remedial : prediksi materi yang akan sulit dihadapi siswa, remedial dibutuhkan tidak ada walaupun sudah dirancang
  • Learner centered learning
  • Metode tidak mempunyai syntax
  • 5 M metode lmiah
  • Metode ilmiah : 1. Menemukan problem (sesuatu yang belum tahu pemecahannya) dengan cara mengamati dengan indra (reading/listening) baca atau dengan text berikut kemudian tuliskan apa yang kau tidak ketahui, 2. Menanya makna/ucapan kata, fungsi teks, FS, ST, UK. 3. Mengumpulkan informasi, coba-coba atau analisis.
  • Observing and questioning bisa dijadikan satu tahap kegiatan, 
  • Literasi : mentransfer satu teks ke moda lain

REFLEKSI REVIU RPP

1. KI (Permen 24/2020)

2. Rumusan IPK 
  • Mengidentifikasi fungsi sosial bisa menyebutkan, menjelaskan, 
  • Mengidentifikasi struktur teks bisa menguraikan.
  • Mengidentifikasi Unsur kebahasaan menggunakan, menerapkan
  • Kosa kata : memaknai, mengucapkan kata yang dipakai dalam mendeskripsikan benda-benda
  • KD 4, menyusun teks. Indikator seseorang bisa menyusun 
3. Tujuan
  • Ketika IPK sudah rinci, tujuan boleh sama, kalau belum rinci bisa diurai lebih banyak
  • Degree boleh kata yang menerangkan perilaku atau lainnya (karakter)
  • Degree boleh digabung di tiap poin tujuan jikalau secara alami sesuai
  • Dibuat per pertemuan atau digabung
4. Literasi, HOTS, 4C kalau bisa boleh dimunculkan

5. Gabungan saintific dan GBA, kombinasinya syntax GBA aktifitasnya saintifik

6. GBA
  • BKOF build cultur contex, share experience, discuss vocab, grammatical patterns
  • MOT students listen statements of short functional text, discuss of purpose, function
  • JCOT  try to develop text with their peers and teacher help 
  • ICT (indipendent construction of text) expected to be able to speak spontaneously to carry our monologues that are aimed at giving directions
7. Penilaian
  • Setiap pertemun ada evaluasi assessment for learning formative u mengecek pengetahuan anak
  • Sumatifnya di pertemuan terakhir.
8. Literasi
  • Ketika mengajar dengan baik, kita sudah integrasikan literasi
9. 4 C. 
Communication ga masalah, Kolaborasi kalo pair atau group ga masalah, creativity membuat teks, critical thinking and problem solving == question beyond the text, atau “do you think that the writer ((hanya bisa dilakukan/dijawab kalau mereka kritis))

10. HOTS analyzing, evaluating, creating

Belum ada Komentar untuk "✔ Penyegaran Pelatih Kurikulum 2013"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel