✔ Media Pembelajaran

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Kurikulum 2013 bertujuan untuk mempersiapkan insan Indonesia supaya mempunyai kemampuan hidup sebagai eksklusif dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta bisa berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Guru menjadi ujung tombak dalam implementasi kurikulum 2013.
Guru yaitu profesi yang menuntut kreativitas, keahlian, dan keteladanan bagi akseptor didik. Seorang guru harus menguasai materi, dan memberikan materi, serta bisa mengelola kelas. Guru juga harus bisa menyebarkan dan memakai media supaya pembelajaran menjadi lebih efektif. Penggunaan media dalam pembelajaran akan mempermudah akseptor didik dalam menguasai bahan secara optimal sesuai yang diharapkan.
Terdapat aneka macam jenis media pembelajaran yang sanggup dipakai oleh guru, antara lain: media cetak/teks; media pameran/display; media audio; gambar bergerak/motion pictures; multimedia; media berbasis web atau internet. Dilihat dari aspek kompleksitasnya, media sanggup berbentuk sederhana, yang sanggup dibentuk oleh guru secara manual, tanpa memakai pemberian sarana yang canggih/mahal. Banyak sekolah yang tidak mempunyai media pembelajaran yang relatif canggih dan mahal, menyerupai gambar bergerak, multimedia dan media berbasis web. Di samping itu, dalam setiap mata pelajaran terdapat cukup banyak kompetensi dasar yang belum tersedia media pembelajarannya.
Sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, dan mengatasi keterbatasan media pembelajaran, guru dituntut kreativitasnya untuk menyebarkan media pembelajaran, terutama mediapembelajaran sederhana. Berkaitan dengan hal tersebut, dipandang perlu adanya sebuah panduan yang sanggup dijadikan pegangan sekaligus dorongan bagi guru untuk menciptakan dan memanfaatkan media yang terjangkau oleh guru, terutama media yang sanggup diperoleh dengan gampang dari lingkungan sekitar, yang di kenal sebagai media sederhana. Penulisan panduan media sederhana ini dilakukan dengan cita-cita sanggup membantu guru menemukan aneka macam teladan dan mendapat inspirasi untuk menciptakan media pembelajaran lainnya.
Buku panduan ini terdiri atas empat bab. Bab I Pendahuluan berisikan latar belakang perlunya panduan pengembangan media pembelajaran sederhana, tujuan, sasaran, dan dasar aturan disusunnya panduan pengembangan media pembelajaran sederhana. Bab II Media Pembelajaran Sederhana memuat pengertian, jenis-jenis, manfaat, prinsip-prinsip, pemilihan, dan langkah-langkah pembuatan media.

Download Lengkap : Media Pembelajaran

Belum ada Komentar untuk "✔ Media Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel