✔ Media Pembelajaran Slaide Dari Kalender Bekas
Menjadi guru di abad globalisasi memerlukan pemikiran yang kreatif dan inofatif, menanamkan kosep kepada siswa dan menumbuhkan siawa berfikir kreatif ialah tantangan untuk menuntaskan dilema dalam pembelajaran. Kesulitan dalam membelajarkan siswa kelas 5 (lima) ihwal bab – bab batang flora pada siswa SD Negeri 1 Winongsari telah mengispirasi saya untuk menciptakan media yang inofatif dan kreatif , sudah beberapa kali memberi kiprah dan menjelaskan ternyata masih ada beberapa anak yang belum bisa menyebutkan bab cuilan batang tumbuhan. Keterbatasan media pembelajaran menciptakan saya berfikir dan berinofasi hingga balasannya saya menemukan slaide sederhana dari kalender bekas sebagi media dalam pembelajaran.
Slaide kalender ialah sebuah media yang terbuat dari kalender bekas dan dibentuk mirip slaide. Slaide ini memiliki beberapa slaide yang di gunakan untuk membedakan bab -bagian batang. Media pembelajaran ini memanfaatkan barang bekas untuk membuatnya, media ini gampang alasannya bahan-bahanya gampang di temukan dan menumbuhkan kreatifitas siswa.
Sujono Trimo menawarkan pengertian motivasi ialah suatu kekuatan aktivis dalam prilaku individu dalam prilaku individu baik yang akam menentukan arah maupun daya tahan (perintence) tiap sikap insan yang didalamnya terkandung pula ungsur-ungsur emosional insane yang berasangkutan.
Siswa menciptakan slaide dari kalender bekas dalam kelompokDalam aktivitas awal saya memberika motifasi supaya siswa dalam berfikir lebih siap, pemberian buku dan materi yang sesuai, dan menjelaskan aktivitas kegiatan yang perlu dilakukan dalam kelompok siswa bekerja dalam kelompok untuk menentukan poin–poin yang akan di masukan pada slaide kalender.
Memberikan motifasi kepada anak sangat penting alasannya dengan motifasi yang baik akan menjadikan rasa percaya diri anak sehingga proses pembelajaran akan lebih evektif dan kretifitas anak sangat diharapkan supaya terwujutnya pembelajaran yang berkarakter sebagai guru bukan hanya bakir mengajar dan bakir menentukan metode pembelajaran tetapi bagaimana menciptakan anak bisa berkreasi dan bisa menghasilkan karya dan sesui dengan materi pembelajaran, ceramah yang lama, member pekerjaan ruamah yang berlebiahan kini sudah bukan menjadi tuntutan yang utama dalam dunia pendidikan.
Dalam aktivitas kelompok siswa mengambar slaide bagian-bagian batang flora dengan mengunakan kreatifitas mereka dan kebersamaan yang terlihat menambah aktivitas pembelajaran semakin menarik dan menyenangkan.
Pada slaide pertama siswa pertanda flora dan member judul, slaide kedua siswa menggambar batang flora ,untuk slaide yang ke 3 siswa mengambar dan member tanda untuk bab kulit terluar (crok) dan fungsinya dan bab yang ke 4 siwa menggambar bab floem beserta fungsinya , bab slaide yang ke 4 siswa menggambar dan memberi tanda untuk bab xylem sebagai slaide yang terakhir siswa mengisi dengan kesimpulan.
Dalam aktivitas final siswa mempresentasikan hasil karya meraka, dengan slaide dari kalender siswa bisa menjelaskan bagiaan-bagian batang flora dan manfaatnya, dengan aktivitas persentasi sanggup menumbuhkan keberanian siwa berbicara didalam kelas untuk menjelaskan materi pembelajaran yang sesuai.
Melalui slaide kalender bekas ini saya terbantun untuk melakuan pembelajaran yang efektif dan terbantu untuk melaksanakan evaluasi alasannya disamping bisa melaksanakan penial produk saya juga bisa menilai performance, saya bisa mengetahui kemampuan siswa bekerja sama dalam kelompok dan kreatifitas siwa melalui pembuatan media sederhana dari kalender bekas.dan melihat kemampuan anak untuk memberikan materi di depan kelas dengan santunan media yang mereka buat bersama – sama dalam kelompok.
*) Dikirim oleh SUKONO, S.Pd
Lahir tahun 1987 lulus kuliah tahun 2010 kini menjadi guru wiata bakti di SD Negeri 1 Winongsari Kec Kaliwiro, Kab Wonosobo.
Slaide kalender ialah sebuah media yang terbuat dari kalender bekas dan dibentuk mirip slaide. Slaide ini memiliki beberapa slaide yang di gunakan untuk membedakan bab -bagian batang. Media pembelajaran ini memanfaatkan barang bekas untuk membuatnya, media ini gampang alasannya bahan-bahanya gampang di temukan dan menumbuhkan kreatifitas siswa.
Sujono Trimo menawarkan pengertian motivasi ialah suatu kekuatan aktivis dalam prilaku individu dalam prilaku individu baik yang akam menentukan arah maupun daya tahan (perintence) tiap sikap insan yang didalamnya terkandung pula ungsur-ungsur emosional insane yang berasangkutan.
Siswa menciptakan slaide dari kalender bekas dalam kelompokDalam aktivitas awal saya memberika motifasi supaya siswa dalam berfikir lebih siap, pemberian buku dan materi yang sesuai, dan menjelaskan aktivitas kegiatan yang perlu dilakukan dalam kelompok siswa bekerja dalam kelompok untuk menentukan poin–poin yang akan di masukan pada slaide kalender.
Siswa menciptakan slaide dari kalender bekas dalam kelompok |
Memberikan motifasi kepada anak sangat penting alasannya dengan motifasi yang baik akan menjadikan rasa percaya diri anak sehingga proses pembelajaran akan lebih evektif dan kretifitas anak sangat diharapkan supaya terwujutnya pembelajaran yang berkarakter sebagai guru bukan hanya bakir mengajar dan bakir menentukan metode pembelajaran tetapi bagaimana menciptakan anak bisa berkreasi dan bisa menghasilkan karya dan sesui dengan materi pembelajaran, ceramah yang lama, member pekerjaan ruamah yang berlebiahan kini sudah bukan menjadi tuntutan yang utama dalam dunia pendidikan.
Dalam aktivitas kelompok siswa mengambar slaide bagian-bagian batang flora dengan mengunakan kreatifitas mereka dan kebersamaan yang terlihat menambah aktivitas pembelajaran semakin menarik dan menyenangkan.
Dengan diskusi dan kreatifitas siswa mengambar bab slaide |
Contoh Slaid kalender karya siswa |
Pada slaide pertama siswa pertanda flora dan member judul, slaide kedua siswa menggambar batang flora ,untuk slaide yang ke 3 siswa mengambar dan member tanda untuk bab kulit terluar (crok) dan fungsinya dan bab yang ke 4 siwa menggambar bab floem beserta fungsinya , bab slaide yang ke 4 siswa menggambar dan memberi tanda untuk bab xylem sebagai slaide yang terakhir siswa mengisi dengan kesimpulan.
Siswa mempresentasikan hasil karya siswa |
Dalam aktivitas final siswa mempresentasikan hasil karya meraka, dengan slaide dari kalender siswa bisa menjelaskan bagiaan-bagian batang flora dan manfaatnya, dengan aktivitas persentasi sanggup menumbuhkan keberanian siwa berbicara didalam kelas untuk menjelaskan materi pembelajaran yang sesuai.
Melalui slaide kalender bekas ini saya terbantun untuk melakuan pembelajaran yang efektif dan terbantu untuk melaksanakan evaluasi alasannya disamping bisa melaksanakan penial produk saya juga bisa menilai performance, saya bisa mengetahui kemampuan siswa bekerja sama dalam kelompok dan kreatifitas siwa melalui pembuatan media sederhana dari kalender bekas.dan melihat kemampuan anak untuk memberikan materi di depan kelas dengan santunan media yang mereka buat bersama – sama dalam kelompok.
*) Dikirim oleh SUKONO, S.Pd
Lahir tahun 1987 lulus kuliah tahun 2010 kini menjadi guru wiata bakti di SD Negeri 1 Winongsari Kec Kaliwiro, Kab Wonosobo.
Belum ada Komentar untuk "✔ Media Pembelajaran Slaide Dari Kalender Bekas"
Posting Komentar