✔ Kiat Sukses Mengerjakan E-Rapor Smp V.1.1 2020
Aplikasi e-rapor intinya merupakan aplikasi evaluasi rapor yang memudahkan sebuah sekolah didalam mengerjakan rapor siswa. Aplikasi e-rapor Sekolah Menengah Pertama sudah rilis beberapa waktu yang kemudian dan link downloadnya sudah banyak diposting oleh rekan-rekan penggiat pendidikan melalui blognya atau anda juga bias unduh di blog .net ini. Hanya saja, didalam proses pengerjaannya, seringkali kita menjumpai trouble (masalah) contoh, nilai pengetahuan, nilai social, spiritual, ataupun ekstrakurikuler yang tidak tampil didalam aplikasi e-rapor. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami mengembangkan pengalaman mengenai pengisian e-rapor Sekolah Menengah Pertama V. 1.1 melalui sebuah judul "Kiat sukses mengerjakan e-rapor Sekolah Menengah Pertama versi 1.1 2020". Kami berharap kiat sukses ini juga sanggup membantu anda terutama admin e-rapor didalam mengerjakan dan me manage e-rapor itu sendiri. Adapun kiat sukses mengerjakan e-rapor Sekolah Menengah Pertama versi 1.1 tahun 2020 berdasarkan kami yaitu sebagai berikut:
1. Memastikan base data dapodik benar-benar valid. Mengapa hal ini perlu dilakukan? alasannya yaitu seluruh data e-rapor Sekolah Menengah Pertama versi 1.1 ini nantinya bersumber dari data dapodik. Jika terjadi invalid data pada dapodik, maka sanggup dipastikan data yang muncul pada e-rapor Sekolah Menengah Pertama versi 1.1 ini juga menjadi invalid. caranya: silahkan cek kembali data dapodik anda mulai dari data pembelajaran, ekstrakurikuler, guru, wali kelas dan data siswa.
2. Memastikan laptop atau PC anda sudah terinstal aplikasi erapor yang up to date yaitu aplikasi e-rapor Sekolah Menengah Pertama versi 1.1. Untuk sanggup menjalankan aplikasi e-rapor Sekolah Menengah Pertama versi 1.1 ini diharapkan aplikasi e-rapor Sekolah Menengah Pertama versi 1.0 kemudian kemudian di update dengan updater e-rapor Sekolah Menengah Pertama versi 1.1. Aplikasi beserta panduanya sanggup diunduh pada tautan berikut ini
3. Login sebagai Admin e-rapor; pastikan anda sudah memakai menu pada aplikasi berupa "ambil data dari dapodik". Menu ini berfungsi untuk mengambil acuan data yang sudah ada didalam aplikasi dapodik. Caranya cukup sederhana yaitu anda tinggal klik tab hidangan data sekolah, data semester, data kegiatan pengajaran, data mapel dan ekstrakurikuler, data guru, data siswa, data rombel atau kelas, data anggota rombel dan data pembelajaram. Masing-masing tab harus di klik untuk mensinkronisasi data dapodik dan e-rapor.
4. Login Sebagai admin e-rapor; anda sudah memastikan hidangan data acuan local pada aplikasi sudah terisi dengan benar. Data yang ditampilkan pada hidangan ini berupa data mapping mapel k2013, mapping mapel k2006, data KKM mata pelajaran, data Interval predikat, dan data butir-butir sikap. Untuk data Mapping Mapel akan menyesuaikan dengan kurikulum yang sudah tercantum di aplikasi dapodik. Jika kurikulum yang dipakai yaitu k13, maka secara otomatis data yang akan muncul yaitu data mapping mapel k2013. Selanjutnya, jikalau disekolah anda memakai k2006, maka aplikasi secara otomatis memunculkan data mapping mapel k2006.
5. Login Sebagai admin e-rapor; pastikan anda telah menginput data KKM mata pelajaran di menu "data acuan local". Anda sanggup memakai hidangan " + input KKM mata pelajaran" guna menginput data KKM mata pelajaran satu persatu. Jika anda hendak menginput data KKM mata pelajaran secara keseluruhan, silahkan anda klik hidangan " Import KKM mata pelajaran". Catatan: Untuk menginport data KKM, anda perlu mendownload format Import KKM terlebih dahulu kemudian entrikan data KKM sesuai dengan format tersebut. Pastikan anda tidak merubah format alasannya yaitu merubah format sanggup menyebabkan kerusakan data pada e-rapor. Pastikan anda juga telah menyimpan file format import KKM mata pelajaran dalam bentuk excel 97-2003. Setelah selesai, silahkan upload data KKM kemudian simpan data.
6. Login Sebagai guru; perhatikanlah data kompetensi dasar yang anda sampaikan kepada siswa. Silahkan di check dengan teliti data kompetensi dasar pada mata pelajaran yang anda ampuh baik di kelas 7, 8 atau 9 pada semester 1 dan atau semester 2. Perhatikan juga ringkasan deskripsi singkat mengenai KD tersebut. Jika semua sudah fix, maka langkah selanjutnya yaitu anda menyimapan data KD tersebut.
7. Login Sebagai guru; input data planning evaluasi anda terhadap penerima didik (siswa). Anda sanggup memakai hidangan "rencana penilaian" untuk menginput data nilai pengetahuan, nilai keterampilan, nilai perilaku social dan sepiritual, nilai harian, Perguruan Tinggi Swasta dan PAS. Sistem kerjanya yaitu sebagai berikut:
- Untuk planning nilai pengetahuan, hal yang harus anda lakukan yaitu klik sub tab hidangan planning nilai pengetahuan, pilih kelas, pilih mapel, pilih jumlah penilaian, pilih kelompok/teknik penilaian, pilih kompetensi dasar kemudian klik simpan.
- Untuk planning nilai keterampilan, hal yang harus anda lakukan yaitu klik sub tab hidangan planning nilai keterampilan, pilih kelas, pilih mapel, pilih jumlah penilaian, pilih kelompok/teknik penilaian, pilih kompetensi dasar kemudian klik simpan.
- Untuk butir perilaku spiritual, langkah kerjanya yaitu klik hidangan "pilih KD/Butir Sikap Spiritual", kemudian pilih kelas, pilih mata pelajaran, pilih butir perilaku spiritual, kemudian klik simpan
- Untuk butir perilaku social,langkah kerjanya yaitu klik hidangan "pilih KD/Butir Sikap social", kemudian pilih kelas, pilih mata pelajaran, pilih butir perilaku social, kemudian klik simpan
- Untuk bobot PH, Perguruan Tinggi Swasta dan PAS menyesuaikan dengan bobot nilai yang anda inginkan. Jika tidak ada perubahan pada bobot nilai, klik simpan. Jika ada perubahan, isikan bobot nilai yang anda inginkan kemudian klik simpan.
8. Login Sebagai guru, pastikan anda telah memakai hidangan download format import. Menu ini akan berfungsi dengan baik jikalau anda telah menginput planning evaluasi sebelumnya. Caranya yaitu silahkan anda klik hidangan download format import, pilih kelas, pilih mata pelajaran, download format, input nilai di format yang tersedia, kemudian klik hidangan save as excel 97-2003 workbook
9. Login Sebagai guru, pastikan anda sudah mengerjakan import nilai siswa di hidangan "import nilai siswa". Caranya yaitu klik hidangan import nilai siswa, pilih salah satu tab import nilai, pilih telusuri, silahkan temukan file nilai yang sudah anda kerjakan di poin ke 8, klik upload data nilai kemudian simpan.
10. Login sebagai guru, silahkan anda kirim nilai selesai anda dengan cara klik hidangan kirim nilai akhir
11. Login sebagai wali kelas; hal yang perlu diperhatikan oleh wali kelas yaitu menginput data kehadiran siswa, input nilai ekstrakurikuler, input prestasi dan input catatan wali kelas. Semua itu sanggup anda kerjakan melalui hidangan "Input data dan nilai.
12. Login sebagai admin. Sebelum melaksanakan cetak rapor, pastikan data tanggal rapor sudah terinput. Langkahnya yaitu klik hidangan cetak leger dan rapor, pilih sub tab hidangan input tanggal rapor, pilih tambah tanggal rapor, seleksi tanggal kemudian simpan.
13. Kiat sukses terakhir yaitu mensinkronkan nilai e-rapor dengan nilai dapodik. Hal yang perlu diperhatikan didalam melaksanakan sinkronisasi yaitu memastikan seluruh data nilai siswa sudah terisi. Periksalah terlebih dahulu nilai siswa yang akan dikirim dengan mengeklik tombol "cek dan ambil nilai siswa yang akan dikirim", kemudian silahkan lanjutkan jikalau anda yakin.
Demikianlah kiat-kiat sukses mengerjakan e-rapor Sekolah Menengah Pertama versi 1.1 tahun 2020. Saran dan koreksinya mohon disampaikan pada kolom komentar yang sudah tersedia.
Belum ada Komentar untuk "✔ Kiat Sukses Mengerjakan E-Rapor Smp V.1.1 2020"
Posting Komentar