✔ Cara Input Daftar Kehadiran Gtk Pada Laman Http://Hadir.Gtk.Kemdikbud.Go.Id/ (Update)

Coretan ini menawarkan isu update mengenai cara input daftar kehadiran GTK pada laman http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/ TAHUN 2020 (update). Sebelumnya silahkan anda baca isu berikut :
untuk menambah rujukan bacaan mengenai D.H.G.T.K ini.
Aplikasi Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan atau D.H.G.T.K tahun 2020 sudah sanggup dipergunakan untuk memonitor kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan disekolah. Aplikasi ini terkoneksi eksklusif dengan data Dapodik versi 2020a, sehingga bagi sekolah yang hendak menginputkan daftar hadir Guru dan Tenaga Kependidikannya harus melaksanakan sinkronisasi terlebih dahulu aplikasi Dapodik versi 2020.a supaya nantinya data yang masuk ke laman D.H.G.T.K yakni data yang terbaru.
 Lalu bagaimanakah caranya menginputkan daftar kehadiran guru dan tenaga kependidikan pada aplikasi tersebut? Berikut kami share panduan  cara input daftar kehadiran GTK pada laman  http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/
  • Siapkan perangkat komputer atau laptop yang terkoneksi dengan jaringan. Hal ini diharapkan sebab sistem aplikasi D.H.G.T.K hanya sanggup dijalankan kalau kondisinya perangkatnya terkoneksi dengan jaringan atau online.
  • Langkah kedua yang harus dilakukan yakni silahkan kunjungi link dibawah ini untuk menampilkan serpihan halaman aplikasi D.H.G.T.K. Anda sanggup memakai banyak sekali browser sebagai media untuk membuka laman menyerupai chrome dan mozilla. Berikut ini yakni daftar link yang sanggup diakses dikala satu link pada laman laman tersebut overload:
  •  http://223.27.144.195:2020
  •  http://223.27.144.195:7000
  •  http://118.98.166.188/index.php
  •  http://223.27.144.195:212
  •  http://223.27.144.195:414
  •  http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id
  • Langkah berikutnya yakni silahkan anda login aplikasi dengan memakai user dan pasword dapodik serta tidak lupa masukkan instruksi yang tertulis pada gambar yang tampil pada laman tersebut.  Atau kalau anda sebagai kepala sekolah, silahkan anda login dengan memakai userid kepala sekolah yang sudah terdaftar di aplikasi dapodik. Perhatikan langkah pada gambar berikut: 


 Keterangan Gambar:
  1. Silahkan masukkan no NPSN sekolah anda
  2. Silahkan inputkan user dapodik atau user kepala sekolah kalau posisi anda sebagai kepala sekolah.
  3. Silahkan inputkan pasword dapodik atau pasword userid kepala sekolah
  4. Masukkan instruksi yang tertulis pada gambar diatas. 
  • Setelah anda berhasil login, maka anda akan menjumpai halaman beranda aplikasi D.H.G.T.K. Pada halaman ini anda hanya menjumpai data profil sekolah, data pengguna, serta diagram kehadiran guru baik dalam satu bulan berjalan maupun diagram kehadiran guru dalam beberapa bulan. Berikut ini kami contohkan halaman beranda dari D.H.G.T.K:

Keterangan Gambar:
  1. Gambar yang ditunjukkan pada nomor satu merupakan gambar yang menampilkan profil sekolah.
  2. Gambar yang ditunjukkan pada nomor dua merupakan gambar yang menampilkan profil data pengguna.
  3. Gambar yang ditunjukkan pada nomor tiga merupakan gambar yang menampilkan diagram kehadiran guru dalam satu bulan berjalan dan,
  4. Gambar yang ditunjukkan pada nomor empat merupakan gambar yang menampilkan diagram data kehadiran guru dalam beberapa bulan
  • Langkah berikutnya yakni silahkan anda klik sajian kehadiran yang terletak di sebelah kanan beranda. Pada sajian kehadiran, anda akan disajikan sebuah notifikiasi yang tertulis " Anda belum mempunyai kalender sekolah. Anda sanggup memakai template kalender pendidikan yang ada dan diubahsuaikan dengan kalender sekolah. Klik tombol biru (ok) kalau anda ingin menggunakannya, klik tombol merah (ok) kalau anda tidak mau menggunakannya. Template ini akan selalu keluar, selama anda belum mempunyai kalender sekolah". Dalam hal ini sebaiknya anda mengubah format kalender pendidikan seuai dengan kalender pendidikan sekolah. Untuk mengubah template kalender, anda sanggup memakai sajian yang terletak dibawahnya yaitu sajian tambah baru, sajian hapus semua dan sajian show template.


Keterangan Gambar:
  1. Untuk menciptakan template baru, silahkan klik sajian tambah baru
  2. Untuk menghapus semua template yang disediakan, maka klik hapus semua. Untuk sementara ini, sajian ini belum berfungsi dengan baik, sehingga dikala kita klik hapus semua, template bawaan masih tampil dihalaman. Solusinya yakni hapus template satu persatu dengan memilik template kemudian klik hapus.
  3. Untuk menampilkan template yang sudah dibuat, maka silahkan anda klik show template.
Lalu bagaimana menciptakan template baru? berikut ini juga kami sajikan cara menciptakan template gres pada laman D.H.G.T.K tahun 2020:
  • Persiapkan data kalender pendidikan sekolah anda.
  • Klik sajian tambah gres yang terletak dibagian bawah sajian kehadiran
  • Setelah anda menjumpai form isian tambah kalender, anda diminta menentukan jenis libur, kemudian inputkan mulai tanggal libur dan hingga tanggal libur. Anda juga sanggup menambahkan keterangan jenis libur dibagian form isian keterangan, kemudian klik simpan dan ok!. Berikut ini yakni pola tambah kalender menurut kalender pendidikan yang sekolah kami miliki:
a. Libur semester satu

b. Libur selesai tahun

c. Libur Nasional
  • Libur Nasional dalam Rangka HUT-RI

  • Libur Hari Besar Agama dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1438H


  • Libur Hari Besar Agama dalam Rangka Tahun Baru Islam 1439H


  • Iibur Hari Besar Agama dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW


  • Libur Hari Besar Agama dalam Rangka Hari Raya Natal 

  • Libur Cuti Bersama


Gambar yang ditampilkan diatas yakni pola template kalender sekolah yang sudah kami ubah menurut kalender pendidikan yang kami miliki, anda sanggup meneruskannya hingga satu tahun pembelajaran penuh. Caranya sama yaitu hanya klik tambah baru, kemudian pilih jenis libur, mulai tanggal, hingga tanggal kemudian keterangan dan jangan lupa untuk disimpan. Setelah terbentuk template Kalendernya, maka anda tidak lagi melihat notifikasi kalender Anda belum mempunyai kalender sekolah. Anda sanggup memakai template kalender pendidikan yang ada dan diubahsuaikan dengan kalender sekolah. Klik tombol biru (ok) kalau anda ingin menggunakannya, klik tombol merah (ok) kalau anda tidak mau menggunakannya. Template ini akan selalu keluar, selama anda belum mempunyai kalender sekolah". Anda akan melihat tampilan template kalender yang sudah anda buat menyerupai gambar berikut:
  • Langkah berikutnya sesudah anda selesai menciptakan template kalender, silahkan anda inputkan daftar kehadirannya dengan cara pilih semester, pilih nama PTKlalu checklist apabila PTK tersebut hadir dan unchecklist apabila PTK tersebut tidak hadir. 

keterangan gambar:
1. Pada gambar yang ditunjukkan  nomor satu, silahkan pilih semester
2. Pada gambar yang ditunjukkan  nomor dua, silahkan anda pilih bulan sekarang
3. Pada gambar yang ditunjukkan nomor tiga, silahkan pilih nama PTK yang akan diceklist data kehadirannya
4. Pada gambar yang ditunjukkan nomor empat, silahkan ceklist hari dimana PTK tersebut masuk dan uncheklist bagi PTK yang tidak masuk (ditunjukkan pada nomor lima)
  • Langkah berikutnya yakni silahkan klik sajian simppan dan refresh dimana kedua sajian ini sudah tersedia dilaman tersebut
  • Bagi PTK yang tidak masuk sebab izin/sakit/tugas luar, maka kita diminta menginput surat izin/sakit/tugas luar dengan form yang sudah disediakan. Berikut ini yakni pola surat ijin dari dinas sebab kiprah luar, beserta cara penginputannya di aplikasi tersebut:
    • Siapkan berkas surat ijin keluar. Anda sanggup lihat pola berkasnya dibawah ini:

    • Silahkan input data surat ijin menurut data yang sudah dipersiapkan. Adapun data yang harus diinput adalah
      • Nomor Surat Izin 
      • Prihal Surat
      • Tanggal Surat 
      • Ditandatangani oleh 
      • NIP Penanda tangan 
      • Jabatan
      • Jenis Izin ( jenis izin disini berupa izin sakit, izin, kiprah keluar, cuti tahunan, xuti besar, cuti sakit, cuti melahirkan, cuti sebab alasan penting, cuti bersama dan cuti diluar tanggungan negara)
      • Mulai tanggal
      • Selesai tanggal 
      • Keterangan


 bagi anda yang sudah menyiapkan berkas surat tugasnya, anda sanggup menginputkan data menyerupai alur yang digambarkan diatas. Inputkan Nomor surat tugas, kemudian inputkan prihal surat, tanggal surat, ditandatangani oleh siapa dalam surat tersebut, jabatan si penandatangan sebagai apa, NIP Penandatangannya juga harus diniputkan, jenis surat harus dipilih, mulai tanggal dan selesai tanggal juga harus diinputkan. sesudah selesai simpan dan kemudian direfresh
demikanlah isu terkait cara input daftar kehadiran GTK pada laman http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/ (update) semoga bermanfaat bagi semua.

Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Input Daftar Kehadiran Gtk Pada Laman Http://Hadir.Gtk.Kemdikbud.Go.Id/ (Update)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel