✔ Kepala Sekolah; Manager And Leader

Idealnya seorang kepala sekolah ialah strong manager and strong leader ✔ Kepala Sekolah; Manager and Leader
Idealnya seorang kepala sekolah ialah strong manager and strong leader.
Kepala sekolah dalam konteks leader atau manager merupakan tema vital dalam organisasi sekolah. Manager ialah seorang yang “nggulowenthah, nyrateni, dan ngupokoro” sumber-sumber organisasi dan sumber insani dalam organisasi untuk mewujudkan tujuan organisasi secara bersama. Kata”nggulowenthah, nyrateni, dan ngupokoro” memiliki makna mengelola segala sesuatu dengan memimpin insan dalam organisasi. Hal ini dikarenakan dalam management menempel empat fungsi antara lain, planning (merencanakan), organizing (mengorganisasi), leading (memimpin), dan controlling (mengontrol).

Lalu siapakah pemimpin? Pemimpin ialah seorang yang berada di depan, mengatakan arah, memberi contoh, menjadi tauladan dalam proses administrasi dan menggerakkan anggota organisasi ke arah yang dikehendaki oleh organisasi. Seorang pemimpin dengan segala sumber kekuasaan legal yang beliau punya harus bisa membawa anak buahnya ke arah tertentu. “ i will bring to that direction!” begitulah seorang pemimpin

Kepala sekolah, Strong manager, Strong leader

David Morgenthaler, dalam bukunya “Managing things and leading people” merumuskan paduan perihal leader dan manager dalam 4 dimensi. Dimana parameter yang dipakai ialah “weak” and “strong”. Pertama, Strong manager and strong leader. Kedua strong manager and weak leader. Ketiga weak manager and strong leader. Keempat weak manager and week leader.

Idealnya seorang kepala sekolah ialah strong manager and strong leader. Mengapa? Karena kepala sekolah ialah sentra gravitasi sekolah. Kepala sekolah haruslah manager yang berpengaruh alasannya beliau mengelola segala sesuatu. Segala sesuatu yang dimaksud ialah sumber daya yang berkaitan dengan infrastruktur dan fasilitas. Di sisi lain, kepemimpinan ialah senin mengelola orang. Seorang strong manager pastilah seorang strong leader. Hal ini dikarena dalam fungsi managerial telah menempel fungsi kepemimpinan.

Baca juga: Hilangnya Peran dan Fungsi Kepala Sekolah

Leadership dan managerial keduanya ialah tema kompleks bagi organisasi khususnya pendidikan bahkan di negara maju. Managerial dan kepemimpinan merupakan faktor utama keberhasilan suatu organisasi khususnya sekolah. Seperti kata pepatah “ tidak ada kegagalan atau keberhasilan, tidak ada kekayaan atau kemiskinan. Yang ada hanyalah bagaimana pengelolaan”. Memimpin juga sangat mulia. Dimana semua insan pada ialah khalifah atau pemimpin. Kita berharap bahwa dalam organisasi sekolah, kepala sekolah sanggup menjadi strong manager and strong leader sehingga sanggup berimbas kepada kenyamanan sekolah dan tentu saja peningkatan prestasi para penerima didik.

*) Ditulis oleh: Anang Susanto, S.PD.SD. Guru SDN Jaten Ngemplak Sleman

Belum ada Komentar untuk "✔ Kepala Sekolah; Manager And Leader"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel