✔ Syarat Sertifikasi Guru Yang Diangkat Sebelum 2020

Syarat Sertifikasi Guru yang Diangkat Sebelum  ✔ Syarat Sertifikasi Guru yang Diangkat Sebelum 2020
Syarat sertifikasi guru melalui PLPG bagi guru yang diangkat sebelum tahun 2020.
Kemendikbud menerbitkan Permendikbud 29 Tahun 2020 perihal Sertifikasi bagi Guru yang Diangkat Sebelum Tahun 2020. Dengan berlakunya Permendikbud nomor 29 Tahun 2020 ini maka Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2012 perihal Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan dinyatakan dicabut dan tidak berlaku lagi.

Baca juga: Meski Anggaran Diblokir, Sertifikasi Guru Tuntas

Permendikbud nomor 29 Tahun 2020 ini ditandatangani di bulan Agustus 2020 kemudian oleh Mendikbud Muhajir Effendy, jadi mereka yang mengikuti sertifikasi guru sudah berpedoman pada Permendikbud ini. Ada beberapa poin penting dalam Permendikbud nomor 29 tahun 2020 ini antara lain perihal UKG dan syarat sertifikasi guru (sergur).

Sertifikasi diikuti guru yang memenuhi syarat sebagai berikut:

a. mempunyai kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV);

b. berstatus sebagai guru CPNS, PNS, atau guru tetap;

c. mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);

d. terdaftar pada Daftar Pokok Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; dan

e. telah mengikuti UKG sebelum PLPG, khusus bagi guru yang diangkat sehabis Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 perihal Guru dan Dosen diberlakukan hingga dengan 31 Desember 2015 mempunyai hasil UKG sebelum PLPG dengan nilai paling rendah 55.

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) ialah salah satu rujukan sertifikasi guru yang diangkat sebelum Tahun 2020 yang memenuhi persyaratan sesuai dengan Peraturan Menteri ini. PLPG diselenggarakan hingga dengan tahun 2020 oleh forum pendidikan tenaga kependidikan yang ditetapkan oleh Kemendikbud.

Baca juga: Perbedaan PLPG 2020 dengan Tahun Sebelumnya

Guru yang mempunyai nilai UKG pada awal PLPG paling rendah 80 dan memperoleh nilai PLPG paling rendah “baik” diberi akta pendidik pribadi tanpa mengikuti UKG pada final PLPG. Guru yang belum memperoleh nilai tersebut sanggup mengikuti Ujian Ulang PLPG paling banyak 4 kali dalam jangka waktu 2 tahun tanpa melalui proses PLPG lagi.

Belum ada Komentar untuk "✔ Syarat Sertifikasi Guru Yang Diangkat Sebelum 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel