✔ Anak Indonesia Berpengaruh Dalam Hapalan Lemah Penalaran

Anak Indonesia Kuat dalam Hapalan Lemah Penalaran ✔ Anak Indonesia Kuat dalam Hapalan Lemah Penalaran
Anak-anak Indonesia, berpengaruh dalam hapalan namun lemah dalam penalaran.
Anak-anak Indonesia unggul dibidang hapalan namun lemah dalam hal penalaran. Hal ini dikatakan Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Nizam dalam konferensi pers di Jakarta.

"Anak-anak Indonesia, berpengaruh dalam hapalan namun lemah dalam penalaran," kata Nizam yang kutip dari Antara (14/12/16).

Dia memberi referensi soal pada Programme for Internasional Student Assessment (PISA) yang berisi hapalan, belum dewasa Indonesia mempunyai nilai yang tinggi. Namun, begitu soal tersebut diubah, nilai belum dewasa tersebut pribadi merosot.

Untuk itu, ke depan pihaknya akan berupaya supaya belum dewasa terbiasa dalam mengerjakan soal yang memerlukan penalaran.

Peringkat dan capaian nilai PISA Indonesia untuk 2015 mengalami peningkatan sebanyak enam peringkat atau naik dari sebelumnya peringkat 71 pada 2012 menjadi peringkat 64 pada 2015.

Baca juga: Alhamdulillah, Pendidikan Indonesia Rangking 4 Dunia

Hasil survei 2015, mengatakan kenaikan pencapaian pendidikan di Indonesia yang signifikan ialah sebesar 22,1 poin. Sebelumnya pada hasil survei 2012, Indonesia menempati peringkat 71 dari 72 negara anggota Organization for Economic Cooperation and Development (OECD).

PISA merupakan sistem ujian yang diinisiasi oleh OECD untuk mengevaluasi sistem pendidikan di seluruh dunia. Setiap tiga tahun, siswa berusia 15 tahun dipilih secara acak untuk mengikuti tes dari tiga kompetensi yakni membaca, matematika dan sains.

Belum ada Komentar untuk "✔ Anak Indonesia Berpengaruh Dalam Hapalan Lemah Penalaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel