✔ Tips Bagi Orangtua Biar Anak Suka Matematika

Anak suka dengan matematika alasannya yakni mendapat pengajaran konsep yang membuatnya mengerti matematika hingga ke akarnya

Matematika merupakan salah satu pelajaran yang cenderung tidak disukai dan bahkan menjadi momok bagi sebagian besar anak, alasannya yakni dianggap sulit dan rumit. Bahkan ada anak yang takut jikalau menghadapi soal matematika.

Jerome Polin, seorang influencer di bidang pendidikan yang pernah menjuarai sejumlah olimpiade matematika, mengajak para belum dewasa mencoba menyukai pelajaran matematika.

Pemilik jalan masuk YouTube “Nihongo Mantappu” ini berhasil mendapat beasiswa kuliah di Waseda University, Jepang, dengan peminatan Matematika Terapan.

Ia aktif memperlihatkan edukasi kepada dewasa dan belum dewasa itu berusaha memperlihatkan tips kepada orangtua supaya anaknya menjadi suka pada matematika. Berikut ini sejumlah tips yang dibagikan:

1. Mengenalkan matematika

Dalam banyak kasus bahwa ketidaksukaan seorang anak pada matematika alasannya yakni semenjak awal tidak mengerti perihal matematika. Maka dari itu, sebaiknya perkenalkan terlebih dahulu, gres lalu ajak untuk lebih memahaminya.

“Manusia itu cenderung enggak suka sama apa yang mereka belum pahami, jadi perlu diperkenalkan dulu apa sih matematika, gimana sih caranya. Baru sesudah itu anak akan paham dan ujungnya akan lebih gampang suka pelajaran matematika,” kata Jerome.

2. Pola pikir konkret

Jerome mengungkapkan, sewaktu kecil ia merasa tertantang dengan soal matematika. Dia akan merasa bahagia jikalau sanggup menjawab soal tersebut. Ibaratnya sanggup menuntaskan tantangan yang semakin usang semakin sulit.

“Matematika itu kan juga bermanfaat untuk latihan berpikir. Nah, sukses menghadapi tantangan yang bermanfaat itu rasanya menyenangkan, dan orangtua sanggup ilustrasikan serunya matematika agar belum dewasa ingin tau dan tertarik untuk latihan matematika,” katanya.

3. Apresiasi untuk berprestasi

Ketika Jerome mempunyai prestasi dalam pelajaran matematika, ia mengaku mendapat kebanggaan dari banyak orang. Dia pun merasa bahagia dipuji menyerupai itu.

Menurutnya, intinya insan memang bahagia dipuji. Maka dari itu, apabila orangtua sering memberikan kebanggaan kepada anaknya, sekecil apa pun perkembangannya dalam matematika, tanpa disadari kebanggaan itu akan menyenangkan anak tersebut.

“Anak niscaya akan semakin semangat dan rajin untuk belajar, apalagi kalau sebelumnya sudah menemukan serunya matematika,” kata Jerome yang kutip dari Kompas (21/08/19).

4. Guru yang berkualitas

Jerome menyampaikan bahwa guru yang baik yakni pengajar yang sabar, luwes, dan tidak kaku untuk menjelaskan pelajaran matematika dengan baik. Sebab, akan dibawa ke mana pun, matematika itu risikonya tetap sama.

Dia merasa semakin suka dengan matematika alasannya yakni mendapat pengajaran konsep yang membuatnya mengerti matematika hingga ke akarnya. Menurutnya, yang terpenting itu memang mengajarkan konsep, bukan hanya rumus cepat.

Belum ada Komentar untuk "✔ Tips Bagi Orangtua Biar Anak Suka Matematika"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel